Rabu, 05 Oktober 2016

Berbagi Keceriaan Melalui Mural




Mural, sebuah cara menggambar atau melukis di atas media dinding. Mural berbeda dengan grafiti, jika grafiti lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cara cat semprot atau pilox maka mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok, cat genteng atau media lain yang dapat memeberikan warna.

Kali ini sebuah project mural yang bertempat di Paud Kenanga desa karanggondang digagas oleh KKN UNNES 2016 yang bekerja sama dengan pemuda Karang Taruna. Mural kali mengangkat konsep utama bermain. Hal ini didasari akan pentingnya bermain bagi anak-anak. Sebuah ungkapan dari dikdoank "jangan kau cabut masa bermain anakmu dengan cepat karena kelak kau akan menemukan anakmu yang dewasa tapi kekanakan" menjadi dasar konsep yang diterapkan pada mural kali ini.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu wadah bagi pemuda yang tergabung dalam karangtaruna untuk mengekspresikan drinya melalui mural. Saya selaku peangung jawab dalam program kerja mural ini jujur merasa kagum terhadap talenta pemuada-pemudanya. Tanpa diberikan banyak arahan mereka bisa improf menggoreskan kuas mewarnai gambar demi gambar. Bahkan beberapa diantaranya memang sudah pernah mengikuti sanggar seni dan ada juga yang sudah ahli menggambar wayang. 
Sebuah potensi yang sangat sayang jika tak dikembangkan. Meski masalah klasik akan fasilitas yang kerap kali sulit diindahkan.

Pengerjaan mural ini berlangsung kurang lebih selama 1 minggu dari mulai sketsa hingga finishing, meski tak bisa berlangsung lebih lama lagi namun diharapkan kegiatan singkat ini bisa menjadi sebuah kenangan keceriaan sederhana bagi teman-teman KKN dan Pemuda karang taruna saat bermural. karena disaat muralah kita sejenak bisa melupakan kepenatan pikiran akan rutinitas hidup dan berbagi tawa satu sama lain. bagi Ibunda-ibunda Paud kenanga berserta adik-adik paud kenanga mural ini bisa memberi warna baru bagi tempat bermain kalian :)

0 komentar:

Posting Komentar